Aturan Baru dalam Bidang Marketing

October 25, 2010 by: Steven Junaidi 2,812 views

Lama tidak menulis artikel karena tidak ada ide tulisan, sekarang saya usahakan memberikan informasi yang berguna d. Saya sendiri sekarang sedang belajar membaca buku setiap harinya, jadi saya akan usahakan ketika saya selesai membaca 1 buku maka akan saya share dengan kalian informasi yang saya dapat dari buku tersebut, jadi itung2 juga saya mencatat rangkuman yang saya tangkap. Atau untuk kalian yang malas membaca buku, setidaknya dapat sedikit informasi dari artikel2 saya, dan untuk kalian yang rajin membaca buku, mungkin bisa menganggap ini sebagai review untuk menentukan apakah ini buku yang cocok untuk kalian atau tidak. Berhubung buku yang sekarang baru saja saya baca adalah buku “The New Rules of Marketing and PR: How to Use Social Media, Blogs, News Releases, Online Video, and Viral Marketing to Reach Buyers Directly, 2nd Edition” by David Meerman Scott, maka tema kali ini adalah tentang internet marketing.

Peraturan lama marketing selalu memfokuskan iklan mereka pada produk atau perusahaan mereka, dimana cara ini sudah tidak efektif lagi di jaman internet sekarang. Peraturan baru marketing mengajarkan untuk memfokuskan iklan kita pada kebutuhan konsumen yaitu dengan membangun hubungan dengan konsumen, dan cara mudah untuk melakukan ini adalah melalui social media seperti facebook, twitter, blog, video sharing site seperti Youtube, dll.

Apakah kalian sadar bahwa jaman sekarang ini ketika orang ingin membeli sesuatu, biasanya mereka selalu mencari informasi tentang produk tersebut terlebih dahulu, dan tempat paling mudah untuk mencari informasi jaman sekarang adalah di internet. Ketika orang merasa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, mereka akan merasa yakin dan percaya kepada orang yang memberikan informasi tersebut sehingga akan mempermudah orang tersebut jika ingin menjual produk yang bersangkutan.

Contoh:

Ada suatu bisnis Travel bernama “ABC” yang melakukan marketing.

Cara lama: pasang iklan di spanduk, tv, atau brosur yang memberitakan bahwa lg ada diskon murah atau keunggulan lain tentang produk dan organisasinya (fokus pada produk).

Cara baru: membuat blog dengan isi informasi misalnya kumpulan tempat2 indah yang cocok untuk liburan, apa yang harus anda siapkan untuk membuat liburan anda menjadi menarik, dll (membuat informasi yang dibutuhkan konsumen dalam bidang Travel), membuat video tentang keindahan dan tempat2 menarik dari suatu negara, dan masih banyak lg social media yang dapat dipergunakan untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh konsumen.

Jadi melalui buku ini, kita diajarkan untuk merubah paradigma kita yang selalu berorientasi pada fitur keunggulan suatu produk menjadi manfaat dari produk kita untuk konsumen melalui sosial media. Kita harus menentukan siapa target konsumen kita dan membuat konten yang sesuai dengan keinginan mereka, jika kita melakukan ini, kita akan membentuk suatu komunitas yang kuat terhadap bisnis kita, dan penjualan otomatis akan menyusul.

Saya menilai buku ini sangat bagus terutama yang memang melakukan internet marketing. Tapi untuk mendapatkan buku ini agak sulit, yang saya tahu di Indonesia hanya ada di Kinokuniya saja, jika mau mungkin bisa coba beli lewat Amazon.com.

By: Steven Junaidi

VN:F [1.9.20_1166]
Rating: 2.0/5 (1 vote cast)
Aturan Baru dalam Bidang Marketing, 2.0 out of 5 based on 1 rating

Incoming search terms:

kiat sukses marketing,bidang marketing,Apa yang membuat Anda tertarik bekerja di bidang Marketing dan Perkreditan di Industri Perbankan?,Apa yang membuat Anda tertarik bekerja di bidang Marketing dan Perkreditan di Industri Perbankan,cara sukses dibidang marketing,cara marketing bidang musik,kiat sukses d bidang travell,kiat sukses menjadi marketing perbankan,regulasi di bidang marketing

Leave a Reply